A. Pengertian Komunikasi
· Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
· Evertt M. Rogers mendefinisikan komunikasi sebagai proses yang di dalamnya terdapat suatu gagasan yang dikirimkan dari sumber kepada penerima dengan tujuan untuk merubah perilakunya. Pendapat senada dikemukakan oleh Theodore Herbert, yang mengatakan bahwa komunikasi merupakan proses yang di dalamnya menunjukkan arti pengetahuan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain, biasanya dengan maksud mencapai beberapa tujuan khusus.
· Astrid Susanto dalam bukunya yang berjudul “Komunikasi dalam teori dan praktek” menyebutkan bahwa komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti, lambang adalah sesuatu hal yang mengandung arti tertentu.
· Achmad S. Ruky
Menurut Achmad S. Ruky, komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan/ atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.
· Atep Aditya Barata
Atep Aditya Barata mendefinisikan komunikasi sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.
· David K. Berlo
Dalam buku Pengantar Ilmu komunikasi karangan Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc dikatakan bahwa David K. Berlo mendefinisikan komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial, yang berguna untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain, serta mengetahui keberadaan diri sendiri. Dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam masyarakat.
B. Komponen Komunikasi
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan Poerwadarminta, komponen adalah bagian yang berperan dalam proses komunikasi.
· Komunikator
Komunikator adalah pihak yang menyampaikan pesan pada pelaksanaannya dapat dilakukan oleh perseorangan atau kelompok.
· Pesan adalah Informasi dan rangsangan dari komunikator kepada komunikan. Pesan dapat berupa kata-kata (verbal) misalnya : pujian, caci-maki, berita. Pesan juga dapat berupa bukan kata-kata (non verbal) misalnya : body language (bahasa isyarat), suara, warna, dan sebagainya.
· Komunikan
Orang yang menerima pesan dari komunikator.
· Media
Yaitu alat yang digunakan untuk menyampaikan dan menghubungkan pesan kepada komunikan. Misalnya : TV, Radio, Telepon, Surat, Koran, Majalah, dan sebagainya.
· Feedback
Respon atau umpan balik yang diberikan komunikan kepada komunikator. Feedback dibagi menjadi 3 macam yaitu positive feedback, negative feedback,netral feedback.
C. Faktor pendukung keberhasilan komunikasi
1. Kepandaian komunikator dan komunikan
2. Sikap yang baik dari komunikator dan komunikan
3. Keadaan lahiriah/fisik yang baik dari komunikator dan komunikan
4. Kesamaan system social (ekonomi-budaya) dari komunikator dan komunikan.
D. Faktor penghambat komunikasi
1. Komunikator dan komunikan tidak memiliki pengetahuan yang luas.
2. Bahasa yang dipergunakan kurang jelas.
3. Adanya prasangka yang tidak beralasan.
4. Adanya panca indera yang rusak.
5. Adanya alat komunikasi yang rusak.
6. Sikap yang kurang bijaksana.
7. Komunikasi satu arah (tidak ada tanggapan).
E. Media Komunikasi
1. Pengertian Media komunikasi
Media berarti alat Bantu untuk mencapai tujuan. Sedangkan komunikasi berarti suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan atau berita. Bila kedua kata tersebut kita rangkaikan maka secara umum media komunikasi dapat diartikan sebagai “suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah dalam penyampaian informasi atau ide-ide dari seseorang kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat tercapai dengan baik.
2. Fungsi Media Komunikasi
Secara umum untuk media komunikasi mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Untuk memperjelas informasi yang disampaikan.
2. Untuk mempermudah penyampaian informasi.
3. Untuk mempersingkat waktu untuk menyampaikan suatu informasi.
4. Untuk membangkitkan daya tarik bagi konsumen.
LATIHAN
Buatlah suatu essay yang membahas mengenai pentingnya komunikasi dalam menghadapi MEA ?
DAFTAR PUSTAKA
http://ismalasari10.blogspot.co.id/2016/07/materi-korespondensi.html
Kamus besar bahasa indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar